Menginstal Windows 10

Cara Mudah Install Windows 10 dengan Flashdsik & DVD

Cara Mudah Install Windows 10 dengan Flashdsik & DVD

  • Siapkan Dvd Atau Flasdisk installer windows 10 terlebih dahulu, karena tutorial kali ini menggunakan Dvd Atau Flasdisk untuk media instalasinya.
  • Agar booting pertama kali dari Dvd Atau Flasdisk, silahkan setting terlebih dahulu boot device priority pada menu BIOS pada komputer anda.
  • Jika yang diinstall notebook atau laptop, ambil carger dan segera colokkan ke laptop, jangan sampai batreinya kehabisan waktu melakukan instalasinya.
  • Seperti biasa, siapkan beberapa camilan atau bisa juga sambil dengerin musik, karena proses instalasi windows 10 cukup lama. Proses instalasinya kurang lebih setengah jam dan setengah jam itu sangat lama bagi kami, ditunggu sambil makan jajan sahabat hehehe karena porsesnya lama.
Daftar Isi

Cara setting BIOS agar booting dari Dvd atau Flasdisk?

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya bahwasannya, anda harus setting BIOS agar booting pertama kali yang dilakukan dari Dvd Atau Flasdisk. Karena itu default komputer/ laptop booting pertama kali dari Hard Drive (hardisk), maka anda harus menggantinya dengan cara sebagai berikut :

  1. Terlebih dahulu Nyalakan atau restart komputer, laptop atau notebook anda. Setelah itu, anda tekan tombol (Delete) berulang kali sampai muncul tampilan BIOS seperti gambar dibawah ini. Perlu anda ketahui tidak semua komputer/ laptop menggunakan tombol DEL untuk masuk ke menu BIOS. Ada beberapa tombol-tombol yang paling umum digunakan seperti F1, F2, atau Fn+F2 tergantung manufacturer komputer tersebut. Selanjutnya pindah ke tab Boot menggunakan tombol kanan kiri untuk menggerser arah.
Cara Instal Windows 10
  1. Urutannya adalah Seperti yang anda lihat bahwa Hard Drive atau HDD berada pada urutan teratas. Hal itu menandakan bahwa booting yang pertama kali dilakukan dari Hard Drive atau HDD.
Cara Instal Windows 10
  1. Supaya bootingannya pertama kali dilakukan dari dvd atau flasdisk anda, silahkan anda pilih CD-ROM Drive atau kalau dari flashdisk muncul merk flashdisk tersebut kemudian geser menggunakan tombol +/ – (plus atan min) sampai berada di urutan teratas seperti yang yang tampak pada gambar berikut.
Cara Instal Windows 10
  1. Terakahir Jangan lupa masukkan Kaset DVD atau Flasdisk installernya yang berisi windows 10 ke DVD-ROM atau USB, kemudian simpan hasil settingan BIOS anda tadi dengan menekan tombol F10, lalu pilih Yes.
Cara Instal Windows 10

Langkah-langkah menginstall windows 10 yang benar

Setelah anda sudah setting pada BIOS agar booting pertama kali dari DVD Atau Flasdisk, saatnya anda untuk melakukan instalasi windows sepuluh. Bacalah dan perhatikan dengan benar langkah-langkah berikut ini untuk menginstall windows 10 :
  1. Tekanlah sembarang tombol pada keyboard untuk memulainya instalasi windows 10. Misalkan anda dihadapkan kembalinya dengan tampilan pada tengah-tengah proses instalasi, maka jangan tekan tombol apapun, karena itu anda akan dibawa kembali ke proses awal instalasi jika melakukan hal tersebut.
Cara Instal Windows 10
  1. Pilihlah Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format itu semua tergantung yang disukai, untuk yang lainnya seperti Language to install dan Keyboard or input method biarkan default saja, tidak usah diganti.
Cara Instal Windows 10
  1. Selanjutnya tekan dan pilih tombol Install now.
Cara Instal Windows 10
  1. Langkah selanjutnya centanglah I accept the license terms, lalu pilih Next untuk melanjutkan.
Cara Instal windows 10
  1. Oke langkah selanjutnya adalah silahkan pilih Custom: Install Windows only (advanced).
Cara Instal Windows 10
  1. Jika anda ingin melakukan installasi ulang windows, upgrade maupun downgrade dari sistem operasi windows 7 atau windows 8 anda ke windows 10, cukup mudah tinggal delete saja Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, nanti secara otomatis, kedua-duanya partisi yang anda hapus tersebut menjadi Unallocated Space (belum dipartisi).
oke selanjutnya silahkan anda membuat partisi baru lagi dan jadikanlah sebagai lokasi instalasinya, lalu pilih Next untuk melanjutkan instalasi. Dengan begitu, semua data pada partisi lain tetap aman tidak terhapus. Lebih jelasnya, lihat gambar gif berikut ini.
Nah bagi anda yang ingin install ulang maupun upgrade/ downgrade dari sistem operasi windows 7 atau windows 8 ke windows 10, silahkan lewati langkah-langkah nomor 7 sampai 11. Dan bagi anda yang hardsiknya masih kosong, atau yang masih baru belum pernah diinstall sistem operasi windows sebelumnya, silahkan lewatiah langkah nomor 6 ini.
Cara Instal Windows 10
  1. Seperti yang anda lihat sekarang ini pada gambar berikut ini bahwa ruang hardsik masih kosong (Unallocated Space). Untuk itu, anda harus mempartisinya menjadi beberapa bagian. Untuk jumlah yang partisinya, bisa 2 atau lebih, sesuai kehendak atau keinganan anda sendiri.
Cara Instal Windows 10
  1. Selanjutnya Silahkan pilih Unallocated Space > New (Baru), tentukanlah ukuran partisi tersebut, lalu pilih Apply. Untuk Ukurannya jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit juga. Misalkan ukuran hardisknya anda 320GB atau 500GB, berilah ukuran 100GB saja sudah sangat cukup, untuk itu karena partisi yang pertama kali anda buat ini merupakan partisi system (partisi C:).
Cara Instal Windows 10
  1. Pilih OK untuk pembuatan system reserved partition (System Reserved memerlukan ruang hardisk sebesar 100MB untuk windows 7 dan 350MB untuk windows 8 dan 8.1)
Cara Instal Windows 10
  1. Selanjutnya Silahkan buat satu atau lebih partisi lagi dengan cara yang sama seperti pada langkah nomor 8.
Cara Instal Windows 10
  1. Proses instalasinya sedang berjalan. Saat proses ini memakan waktu kira-kira kurang lebih 30 menitan itupun kalau instalasinya lancar, tunggu saja sambil makan gorengan. Jangan kaget ya, nanti komputer/ laptop anda akan restart sendiri berulang kali, jadi jangan kuatir, karena hal tersebut sebagian dari proses instalasinya windows 10.
Cara Instal Windows 10

  1. Oke selanjutnya silahkan masukkan product key windows 10 anda, lalu silahkan klik Next. Jika tidak punya, silahkan pilih Do this later. Anda bisa mengaktifkan windows 10 anda nanti.
Cara Instal Windows 10
  1. Selanjutnya pilih Use Express settings.
Cara Instal Windows 10
  1. Pilih I own it.
Cara Instal Windows 10
  1. Pada halaman ini anda disuruh login akun microsoft anda. Anda bisa melakukannya nanti, jadi pilih Skip this step.
Cara Instal Windows 10
  1. Silahkan masukkan nama komputer anda dan juga password bila diperlukan (alangkah baiknya diberi password biar tidak sembarangan orang dapat mengakses komputer/ laptop anda). Isikan kata atau kalimat yang membantu anda mengingat password anda pada kolom Password hint.
Cara Instal Windows 10
  1. Proses kali ini tidaklah memakan waktu yang banyak, tunggu saja beberapa saat sampai anda dibawa ke dekstop anda. Cara Install Windows 10.
Cara Instal Windows 10
  1. Dan inilah saatnya, instalasi windows 10 anda berhasil! Berikut tampilan desktop pada windows 10 yang keren dan menarik. Cara Install Windows 10.
  2.  









Cara Instal Windows 10

 sumber
https://salingamanah.com/cara-install-windows-10/

0 komentar: