Sejarah Komputer


Sejarah komputer dan perkembangannya

Oleh Willy Arisky. August 20, 2018
Komputer kini amat jauh berbeda dari komputer dulu, dapat berbeda dari bentuk, performa, serta bagian bagian yang diterapkan. Sebab ukuran komputer jaman dahulu dapat menghabiskan satu ruangan penuh, untuk menyimpan mesin komputer.
Sejarah dan perkembangan komputer dibagi menjadi lima generasi, setiap generasi ditentukan menurut teknologi pengembangan yang diterapkan untuk membuat komputer hal yang demikian beroperasi. Dari setiap teknologi pengembangan ini menciptakan komputer yang lebih kecil, murah, efisien dan tangguh.

Penemu Komputer Pertama Kali


Penemu komputer pertama yakni Charles Babbage, diketahui dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali. Yang sudah banyak memberkan karya pada kehidupan manusia hingga kini ini, dari penemuannya. Mesin penghitung atau dapat di ketahui dengan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Chareles Babbage. Yaitu salah satu icon, yang paling populer dan tenar dalam sejarah. Babbage juga diketahui dengan julukan bapak komputer, The Charles Babbage Foundation, ia menerapkan namanya untuk menghargai jasa atas penemuanya kepada dunia komputer.


Komputer Generasi Pertama (1946-1959)


Sejarah komputer generasi pertama adalah komputerisasi elektronik atau dapat di sebut dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Ialah salah satu yang diaplikasikan sebagai keperluan biasa. Program pada ENIAC, telah di rancang pada tahun 1942, dan baru mulai di kerjakan pada tahun 1943 oleh John Presper Eckert dan Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan selesai pada tahun 1946.


Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)


Perubahan dalam Inovasi penting sudah terjadi di generasi kedua. Yakni transistor, alat canggih yang kapabel maksimalkan performa komputer hanya dengan ukuran yang amat kecil. Sebagian diantara intansi, perusahaan, universitas, dan pemerintah sudah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Maksud dari temuan komputer generasi 2 ini ialah transistor, yang kapabel membuat sejarah komputer generasi kedua, berukuran lebih kecil dibandingi dengan komputer generasi pertama. Mesin pertama yang menerapkan teknologi terupdate ini ialah super komputer. IBM sudah membuat super komputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand dan membuat komputer bernama LARC.


Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)



Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang melewati tahap yang amat cepat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul semenjak era 1964-1970an. Pada generasi ketiga inilah sejarah komputer teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi salah satu ciri utama. Sebab mulai tenar dan banyak dipakai pada sebuah perangkat komputer sampai generasi kini. IC diciptakan pertama kali oleh seorang bernama Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang berisi cuma enam transistor saja. Dapat kita coba bandingkan dengan prosesor ketika ini yang kita pakai sudah mempunyai jutaan, puluhan, ratusan juta transistor.


Komputer Generasi Keempat (1979 – 200an)


Pada generasi keempat, komputer telah mulai memakai chip IC, kemudian baru mulai dioptimalkan lagi. Oleh perusahaan Very Large Scale Integration. Untuk mencoba menjalankan pengembangan hal yang demikian semenjak tahun 1980-an. Akhirnya, satu chip tunggal sanggup menampung ribuan bagian. Komputer- komputer generasi keempat diantaranya yaitu Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan IBM 370, Apple I dan Altair yang telah memakai prosesor Intel 8080, dengan metode operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).

Sejarah Komputer Generasi Kelima (Sekarang)


Komputer generasi kelima merupakan pada saat ini, tengah banyak sekali dikerjakan pengembangan oleh bermacam vendor elektronik. Komputer generasi kelima acap kali disebut dengan komputer generasi masa depan. Pada perkembangan berikutnya akan ada bayak perubahan besar terjadi, semenjak IBM-PC dikenalkan dan bukan satu-satunya manufaktur PC-compatible. Karenanya standar baru dalam dunia industri PC, akan lebih banyak di terapkan dan lebih dioptimalkan oleh perusahaan lain. Seperti Intel dan Microsoft yang dicetus oleh W.Bill Gates yang ketika ini sudah menjadi pelopor standar hardware dan software dunia. Sebagian bukti diantaranya ialah munculnya hp, tablet, phablet, netbook, ultrabook, dan banyak lagi, inovasi-inovasi terupdate pada ketika ini yang dapat kita temui. Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita pakai pada kini ini. Generasi ini ditandai munculnya. LSI (Large Scale Integration) yang adalah pemadatan ribuan microprocessor di dalam sebuah microprocesor pada ketika ini.



 sumber
https://syntac.co/2018/08/20/sejarah-komputer-dan-perkembangannya

0 komentar: