PERNIKAHAN JAWA TENGAH (Purworejo)


Adat Pernikahan Jawa Tengah (Purworejo)
            Dalam adat pernikahan jawa tengah khususnya kabupaten purworejo memiliki seperbedaan tersendiri dan unik dalam mempersunting(menikahi)  anak anaknya . Mulai dari perbedaan pakaian, makanan, perhitungan tanggal, sampai dengan ritual pernikahan.
1.       Mempertemukan 2 keluarga
Adalaha hal pertama yang dilakukan dalam adat jawa tengah sebelum mempersunting kedua anak mereka atau yang bisa kita sebut LAMARAN.

2.      Perhitungan Tanggal Pernikahan
Setelah bertemunya 2 keluarga, mereka akan mediskusikan tanggal yang cocok untuk melangsungkan pernikahan. Perhitungan tanggal pada adat jawa tengah ada perbedaan yaitu dengan mencocok tanggal lahir calon penganten laki-laki dan pertemuan.
3.      Memilih Pakaian Adat Pernikahan Jawa Tengah
Pakaian yang biasa di pakai di adat jawah tengah sedikit unik. Pakaian yang dipakai dinamakan Baju Kebaya dan  kedua pengantin warna pakaian sama, penganten laki-laki terdapat kris dipinggang bagian belangkon sedangkan penganten perempuan memakai konde .
4.     Ritual Resepsi Pernikahan
Akad nikah pada umumnya, Setelah akad kedua pengantin sungkem kepada kedua orang mereka, penganten lelaki sungkem kepada orang tua kandung dan orang tua perempuan, Sebaliknya juga pengantin perempuan sungkem kepada orang tua kandung dan orang tua lelaki. Setelah itu penganten lelaki menuang beras penganen perempuan menerima, saling suapsuapan makanan, pengantin lelaki injak telur, kedua penganten dipanjang di kuri pelaminan disebut “Raja Dan Ratu”

0 komentar: