E-LEARNING


E-LEARNING





Pengertian E-learning adalah sebuah proses pembelajaran yang berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan komputer. Dengan dikembangkannya di jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web, sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet.

Penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif. Sistem e-learning ini tidak memiliki batasan akses, inilah yang memungkinkan perkuliahan bisa dilakukan lebih banyak waktu.

Berbicara e-learning, maka tidak bisa dilepaskan dari istilah komputer dan teknolo-gi pendidikan, sehingga e-learning dianggap sebagai seperangkat aplikasi inovatif yang menunjang proses pembelajaran memanfaatkan teknologi sehingga akar dari revolusi teknologi pendidikan adalah bagaimana siswa dan guru masa kini melakukan pembel-ajaran dengan menggunakan teknologi dalam kehidupan mereka dengan atau tanpa ruang kelas, dan lebih bersifat individual. Di sisi lain pemanfaatan teknologi untuk pen-didikan semakin berkembang pesat, banyak aplikasi-aplikasi yang dibuat untuk mem-permudah proses pembelajaran yang dikemas menarik dan inovatif. Hadirnya Microsoft, Adobe, Corel, dan sebagainya bukan hanya berpengaruh banyak terhadap dunia industri tetapi berpengaruh juga pada dunia pendidikan. Banyak aplikasi yang digunakan untuk membantu kegiatan proses belajar mengajar, khususnya dalam mengembangkan, meng-olah dan menyajikan materi yang dilakukan oleh pengajar.

Salah satu proses yang sering terabaikan dalam membangun sistem e-learning ada-lah pengolahan materi ajar dengan teknik chunking menjadi bagian-bagian kecil. Teknik pemilahan materi dengan chunking ini menginduk pada teori disain pesan, dengan ala-san seperti yang dikemukakan oleh Fleming & Levie (1978), yaitu mengolah materi ajar sebagai kepingan inti materi sebagai Iangkah awal. Kepingan tersebut bagaikan atom karena berisi inti dari rumusan kompe-tensi yang tertuang dalam rangkaian materi. Kepingan atau penggalan materi ajar ini selanjutnya disebut de-ngan LOs (LO).

Manfaat E-learning


Manfaat E-learning antara lain sebagai berikut :


·        Efisiensi Biaya.
E-learning tersebut memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggarannya, efisiensi penyediaan sarana serta juga fasilitas fisik untuk dapat belajar serta juga efisiensi biaya bagi pembelajar ialah biaya transportasi serta akomodasi.

·        Fleksibel.
E-learning tersebut memberi fleksibilitas didalam memilih waktu serta juga tempat untuk dapat mengakses perjalanan.

·        Belajar Mandiri.
E-learning tersebut memberi kesempatan bagi pembelajar dengan secara mandiri memegang seluruh kendali atas keberhasilan dalam proses belajar.

Manfaat E-learning menurut Pranoto, dkk (2009:309) adalah:

Penggunaan E-learning untuk menunjang pelaksanaan proses belajar dapat meningkatkan daya serap mahasiswa atas materi yang diajarkan.

- Meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa.
- Meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa.
- Meningkatkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa.
- Meningkatkan kualitas materi pendidik dan pelatihan.
- Meningkatkan kemampuan menampilkan informasi dengan perangkat teknologi informasi, dimana    dengan perangkat biasa sulit dilakukan.


 Kelebihan E-LEARNING 


Praktik e-learning memiliki beberapa kelebihan dan Keuntungannya yaitu mengurangi perjalanan dan biaya terkait, memungkinkan belajar di setiap waktu dan setiap tempat, menyediakan cara belajar tepat waktu, memanfaatkan infrastruktur yang ada, memungkinkan pengiriman materi pembelajaran, update yang mudah.

Kekuranngan E-LEARNING


Sedangkan kerugiannya adalah membutuhkan infra-struktur teknis terkadang berbiaya besar, membutuhkan peserta didik untuk mampu beradaptasi dengan metode pembelajaran baru, membutuhkan tim untuk merancang, mengembangkan dan menyebarkan, membutuhkan pelatihan dan yang utama memerlukan cara berpikir serta budaya baru dalam dalam melaksanakan proses pembelajaran (Driscoll, 2002). Dalam studi lain dinyatakan bahwa manfaat dari e-learning terutama meliputi fleksibilitas, biaya Iuasnya cakupan. Penelitian ini juga menemukan bahwa menciptakan kesiapan organisasi menjadi faktor penting untuk sepenuhnya mendapatkan manfaat dalam pelaksanaan program e-learning (Macpherson, Elliot, Harris, & Homan, 2004).



Keuntungan penerapan e-learning bagi perusahaan dalam hal melakukan training (pelatihan):


1. Fleksibel

Penerapan e-learning dalam perusahaan akan memberikan fleksibelitas yaitu e-leraning akan lebih bersifat efisien dalam mengatur waktu pembelajaran. Proses training perusahaan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa menghabiskan banyak waktu.

2. Mandiri

Penerapan e-learning dalam perusahaan bersifat mandiri. Materi pembelajaran dapat diakses melalui komputer, laptop, smartphone dengan menggunakan jaringan koneksi internet. Dengan begitu karyawan perusahaan dapat mengakses pembelajaran e-learning secara mandiri, belajar dengan kemauan sendiri dan karyawan dapat menentukan waktu yang tepat baginya untuk melakukan pembelajaran, hal itulah yang membedakan antara penerapan pembelajaran e-learning dengan proses belajar yang bersifat konvensional. selain itu karyawan akan bisa lebih fokus menerima pembekalan atau pembelajaran dari perusahaan.

3. Hemat Biaya PengeluaranPenerapan e-learning dalam perusahaan akan membantu meringankan biaya training.

4. Pembelajaran Secara Continue

Dengan menerapkan e-learning dalam perusahaan maka materi yang dibagikan kepada karyawan dapat dipelajari atau dibaca berulang-kali dalam bentuk data,video, audio visual dan lain sebagainya.

5. Jangkauan Yang Luas

E-learning dapat menjangkau siapa saja dan seberapa jauh jaraknya dengan begitu akan sangat menguntungkan perusahaan dalam proses training karyawan.

6. Penyebaran Pembelajaran Sangat Cepat

Pembelajaran melalui media sosial e-learning bersifat cepat, sehingga karyawan dapat mengakses materi pembelajaran dengan segera.

Beberapa Perusahaan Yang Telah Menerapkan E-learning:


      Tercatat beberapa perusahaan telah menerapkan e-learning dan hasilnya cukup memuaskan dilihat dari sisi keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan menggunakan e-learning. Data menunjukkan beberapa perusahaan seperti Aetna bisa menghemat biaya pengeluaran dibandingkan jika mereka menerapkan pembelajaran konvensional.

        Dari hal tersebut telah banyak perusahaan yang mencoba membandingkan antara pembelajaran melalui metode konvensional dengan penerapan e-learning. J.D fletcher Study juga menyebutkan bahwa pembelajaran melalui metode e-learning secara besar dapat lebih meningkatkan pemahaman dan penerapan materi yang disampaikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
Selain itu terdapat juga perusahaan perbankan yang telah menerapkan e-learning yaitu Bank Mandiri. Perusahaan Bank Mandiri telah menerapkan proses pembelajaran melalui e-learning yang dimana pembelajaran dapat dilakukan pada jarak jauh dan juga dapat diakses seluruh karyawan Bank Mandiri diseluruh cabang di Indonesia. 

           Menurut Chief Executive Officer (CEO) Bank Mandiri keuntungan yang diperoleh dalam menerapkan pembelajaran menggunakan e-learning adalah untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan guna untuk pembelajaran atau pelatihan bagi karyawan Bank yang jumlahnya tidak sedikit, selain itu penerapan pembelajaran e-learning bersifat sangat cepat sehingga para karyawan dapat langsung mengakses materi pembelajaran yang telah di kirim melalui e-learning tersebut.


          Penerapan metode e-learning pada perusahaan yang telah disusun dengan baik maka akan menghasilkan keuntungan tersendiri untuk perusahaan, hal tersebut dikarenakan metode pembelajaran menggunakan e-learning dapat meningkatkan skill karyawan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Selain itu keuntungan pembelajaran menggunakan metode e-learning adalah perusahaan dapat memastikan bahwa dokumentasi pembelajaran yang diberikan kepada karyawan dapat disimpan dengan sistematis dan terinci.

Contoh Perusahaan yang menerapkan E-LEARNING :
- Bank Mandiri
- Aetna
- Bank BCA


DAFTAR PUSTAKA


Dewi Salma Prawiradilaga, d. (2013). MOZAIK TEKNOLOGI PENDIDIKAN : E-LEARNING. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP : Jl.Tambara Raya No.23 Rawamangun.

Fitria, K. (2018 , Juli 17 ). Penerapan Konten "E-Learning" pada Perusahaan. Diambil kembali dari kompasiana: https://www.kompasiana.com/kiki28621/5b4dfbc05a676f57431b00c2/penerapan-konten-e-learning-pada-perusahaan?page=all

hanyu. (2017, Desember 26). Pengertian, Karaktiristik dan Manfaat E-Learning. Diambil kembali dari sepridahanum:  http://sepridahanum.web.id/pengertian-karaktiristik-dan-manfaat-e-learning/

Harsanto, B. (2014). INOVASI PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. Sumedang: Jl.Raya Bandung Sumedang KM.21.


setiawan, p. (2019, juli 19). Pengertian E-learning – Karakteristik, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan, Jenis, Komponen, Para Ahli. Diambil kembali dari gurupendidikan: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-e-learning/

0 komentar: