TUGAS ILMU BUDAYA DASAR (IBD)




MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


A.   PENGERTIAN

 Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab,mananggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. 
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain.

Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan mengabdian atau pengorbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.


B.   MACAM MACAM TANGGUNG JAWAB


1. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiapp orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusian mengenai dirinya sendiri.

Contohnya:
-      Membaca sambil berjalan. Meskipun sebentar-bentar melihat ke jalan tetap juga lengah dan terperosok ke sebuah lubang.dan  harus beristirahat dirumah beberapa hari. Konsekuensi tinggal dirumah beberapa hari merupakan tanggung jawab ia sendiri akan kelengahannya.
-      Menjaga Kebersihan Diri
-      Menjauhkan Diri Dari Narkoba,Minuman Keras,Dan Rokok.
-      Menjaga Sikap/Perilaku Diri

2.  Tanggung Jawab kepada keluarga
Masyarakat kecil ialah keluarga. Keluarga adalah suami-istri, ayah-ibu dan anak-anak, dan juga orang-orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung Jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi Tanggung Jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan, dan kehidupan.
Contohnya :
-      Menghormati Orang Tua
-      Menyayangi Adik
-      Menghormati Saudara Yang Lebih Tua Dari Kita (Abang/Kakak)
-      Menjaga Adik Bila Orang Tua Pergi Bekerja
-       
3. Tanggung jawab pada masyarakat
Tanggung jawab pada masyarakat merupakan tanggung jawab yang harus didilakukan pada setiap anggota masyarakat yang didalamnya. Guna untuk dapat terus melangsungkan hidupnya didalam kelompok masyarakat tersebut. Maka hal yang wajar jika segala perilaku dan juga perbuatan juga harus dipertangjawabkan oleh masyarakat itu sendiri.
-      Ikut serta Siskamling (sistem keamanan lingkungan) yang melakukan ronda setiap malam untuk menjaga keamanan lingkungan.
-      Sepenuhati melakukan kerja bakti untuk membersihkan lingkungan sekitar.
-      Membayar iuran di tingkat RT (Rukun Tetangga)RW (Rukun Warga), atau di tingkat desa.

 4.  Tanggung Jawab kepada Bangsa/Negara
Satu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individual adalah warga nagara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat olah norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Manusia tidak dapat berbuat semau sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara
-      Menjaga dan memelihara nama baik bangsa dan negara dimata dunia internasional yang dimana sebagai bangsa dan negara yang merdeka, berdaulat, berperadaban dan bermartabat
-      Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara yang dimana dilakukan dengan menghindari sikap dan perilaku diskriminatif
-      Membina solidaritas sosial sebagai sesama warga negara Indonesia
5. Tanggung jawab pada Tuhan
Setiap manusia yang telah dilahirkan didunia ini pasti memiliki tanggung jawab kepada Tuhan. Dan setiap orang yang memiliki agama juga tentu pasti tau tanggung jawab apa yang harus ia tanggung. Biasanya setiap agama memiliki larangan yang tidak memperboleh penganutnya melakukannya. Maka apabila hal tersebut dilanggar, maka orang tersebut akan bertanggung jawab di akhirat kelak.
 Contohnya:
-       Seorang muslim yang taat kepada agamanya maka ia bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan kepada Allah.
-      Menjauhkan Diri Dari Penyembahan Berhala
-      Menjauhkan Diri Dari Perbuatan Dosa


0 komentar: