Peng.Tek. Internet dan New Media.

Pengertian, Sejarah, Perkembangan Internet Dan New Media



Pemgertian Internet

 Internet sebetulnya singkatan dari kata Interconneted Networking. Networking  artinya jaringan, sedangkan Interconnected berarti saling berkaitan/terkoneksi. sehingga internet adalah jaringan komputer yang saling terkoneksi.


Sejarah Internet

  • Internet yang dikenal saat ini adalah pengembangan daru sebuah jaringan yang disebut ARPANet (Advanced Projects Agency) yang dikembangkan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat sejak 1969
  • Awal 1980-an ARPAnet terpecah menjadi dua jaringan yaitu ARPANet dan MILNet (jaringan militer rahasia)
  • Pada mulanya jaringan ini disebut DARPA Internet, tetapi kemudian disebut sebagai Internet saja.
  • Setelah dibukanya layanan USENet dan BITNet, internet dapat diakses melalui sarana komputer pribadi
  • TCP/IP diperkenalkan pada tahun 1982 lalu disusul dengan penggunaan sistem DNS ( Domain Name Service)  pada tahun 1984
  • Mulanya World Wide Web dikembangkan oleh CERN (Swiss)
  • Tahun 1992 muncul WWW pertama dengan nama Viola yang diluncurkan oleh Pei Wei
  • Tahun 1993 didirikan InterNIC yang berguna untuk menjaankan layanan pendaftaran domai

Perkembangan Internet


        Sekarang ini, Internet berkembang dan dilindungi oleh berbagai penyajian internasional. Sementara spesidfikasi teknikal atau protokol yang menerangkan tentang pepindahan data antar rangkaian diatur secara terpisah.


Protokol-protokol di internet dibentuk berdasarkan persetujuan badan yang disebut Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang diberi nama RFC (Request for Comments). Sebagian RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard) oleh organisasi yang disebut Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang terkenal antara lain IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL. Protokol tersebut mendukung ber-bagai Iayanan internet. 



Ada juga layanan lain seperti Usenet, Newsgroup, File Sharing, WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, serta lainnya. Dari semua layanan internet, proses berkirim email/surat elek-tronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan. Kedua layanan ini juga menjadi platform untuk aplikasi lain seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Ada juga layanan Internet yng memungkinkan adanya akses se-cara real-time, seperti web radio dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih. Itu semua bisa diakomodasi melalui program pengirim pesan instan seperti Google Hangout, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter, WhatsApp, Facebook, dan lain sebagainya. 



Pengertian Dan Pemanfaaran New Media


         Definisi new media secara eksklusif merujuk pada teknologi komputer yang menekankan bentuk dan konteks budaya yang mana teknologi digunakan, seperti dalam seni, film, perdagangan, sains dan diatas itu semua Internet. Sementara Digital media merupakan kecenderungan kepada kebebasan teknologi itu sendiri sebagai karakteristik sebuah medium, atau merefleksikan teknologi digital (Dewdney and Ride. 2006 : 8 & 20). 




Untuk melakukan intergrasi dengan media baru agar mampu memenuhi harapan baru bagi pelanggan setianya, balk pembaca online maupun cetak. Perkembangan media baru sebenarnya merujuk kepada sebuah perubahan dalam proses produksi media, distribusi dan penggunaan. Media baru tidak terlepas dari key term seperti digitality, interactivity, hypertextuality, dispersal dan virtuality (Lister, 2003 : 13). Dalam konsep digitality semua proses media digital diubah (disimpan) ke dalam bilangan, sehingga keluarannya (out put) dalam bentuk sumber online, digital disk, atau memory drives yang akan diubah dan diterima dalam layar monitor atau dalam bentuk 'hard copy'. Konsep Interactivity merujuk kepada adanya kesempatan dimana teks dalam media baru mampu memberikan users untuk 'write back into the text'. Sedangkan konsep dispersal media baru lebih kepada proses produksi dan distribusi media menjadi decentralised dan mengandalkan keaktifan individu (highly individuated). Batasan new media sering disamakan dengan digital media, yang semestinya new media lebih pada konteks dan konsep budaya kontemporer dari parktik media daripada seperangkat teknologi itu sendiri (medium). 

Manfaat New Media 


-Bidang Sosial 

Dalam bidang ini banyak menyita perhatian masyarakat misalnya saja berbagai macam jejaring sosial yang sekarang di minati masyarakat seperti facebook, twitter, skype, yahoo messenger, my space, hello d11. Dengan menggunakan jejaring sosial ini dengan mudah dapat menjalin komunikasi dengan semua user dibelahan dunia manapun. 







-Bidang Industri/Bisnis

Dalam bidang ini memudahkan bagi siapa pun yang ingin menawarkan/mempromosikan produk tertentu sehingga tidak susah susah untuk membuka toko dan promosi langsung didepan konsumen, melalui new media pedagang dapat mempromosikan produk nya melalui membuka online shop, bisa melalui facebook, twitter atau kaskus. 




-Bidang Pendidikan 

Dalam bidang ini sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang di inginkan. Bisa melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi. 


Aplikasi New Media


-Jejaring Sosial 

Contoh aplikasi new media dalam bidang jejaring sosial yaitu facebook, twitter, yahoo messenger, my space, skype dll. Aplikasi ini sangat mudah digunakan bagi masyarakat, fasilitas di jejaring sosial ini adalah bisa updates status, upload photo, video call &I. Kelebihan new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan mudah. 




-Online Shop 

Produk produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan melalui online shop yang sudah sangat banyak tersebar didunia maya, masyarakat bisa membuat online shop melalui facebook, twitter, blog, website, ataupun kaskus yang bisa menarik perhatian konsumen secara cepat. 








-Informasi/Pendidikan 

Untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu biasa menggunakan aplikasi seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website website lain nya. 






Kelebihan :


o Penyampaian informasi lebih cepat dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja 

o Dapat berfungsi juga sebagai media untuk berjualan, sebagai contoh di facebook sekarang ini sudah banyak orang orang yang memanfaatkannya untuk membuka toko online atau yang lebih kita sering dengar sebagai online shop. 


o Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring sosial, streaming video; dll. 


o Sebagai media komunikasi yang sangat mudah dan efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh tanpa harus bertatap muka langsung karena akan memakan biaya yang cukup banyak tentunya. Tetapi dengan video conference biaya tersebut bisa lebih diminimalisir. 


Kekurangan : 


o Rawan akan pencurian data, karena data dikirimkan secara online otomatis semua orang bisa mengakses hal tersebut. Contohnya saja hacker yang selalu saja bisa membobol privasi seseorang dan mencuri data data pentingnya.

 o Virus, tidak dapat dipungkiri hal yang satu ini adalah yang paling sering ditemukan. Contohnya dengan mengirimkan aplikasi aplikasi yang tidak dikenal oleh user, ditambah dengan sikap penasaran si user tersebut untuk mencoba aplikasi tersebut yang ternyata adalah sebuah virus komputer.


 o Sifat malas, dengan mudahnya untuk mengakses berbagai macam data dan informasi tentunya kita akan merasa malas untuk berpergian, karena semua tugas, pekerjaan semua bsia diakses dan dikerjakan secara online. Jadi hanya tinggal duduk di depan komputer dan mengerjakan tugas -tugas tersebut dan akan lebih cepat selesai tentunya. 





DAFTAR PUSTAKA

Edy Winarno ST, M. Z. (2015). Panduan Lengkap Berinternet. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI/.

PENGETAHUANKU.COM. (2007, April 2). Sejarah Singkat Internet dan Intranet Dan Perbedaannya. Diambil kembali dari pengetahuan-tkjku: http://pengetahuan-tkjku.blogspot.com/2017/04/sejarah-singkat-internet-dan-intranet.html

Permadi, D. G. (2010, November 16). Manfaat dan Kekurangan New Media. Diambil kembali dari dimbodim: http://dimbodim.blogspot.com/2010/11/manfaat-dan-kekurangan-new-media.html

TOSEPU, Y. A. (2019, January 7). NEW MEDIA ( DEFINISI, PANDANGAN, MANFAAT, KOMPONEN, DAN APLIKASI NEW MEDIA). Diambil kembali dari yusrintosepuabdikarya: https://yusrintosepuabdikarya.wordpress.com/2019/01/07/konsep-desain-new-media-beserta-konsep-proses-dan-tahapan-pengembangan-new-media-secara-keseluruhan/

0 komentar: